loading...
Bagi Anda yang sering belanja di gerai minimarket sebaiknya waspada. Sebab, peluang penipuan oleh petugas kasir mungkin sering terjadi tanpa kita sadari. Seorang konsumen minimarket Alfamart bernama Janner mengeluhkan penipuan yang dilakukan petugas kasir dengan dakih donasi. Saat itu, dia sedang belanja beberapa makanan di gerai Alfamart di Cikokol.
Berikut adalah kutipan pembicaraan antara Janner dengan Petugas kasir.
Setelah si kasir entry semua belanjaan saya,
K : “total semua adlh rp 72.700″.
Lalu sy berikan 1 lembar uang rp 100.000.
K : “apakah bapak mau rp 300 didonasikan?”
S : “oke”.
Kemudian sy terima kembalian rp 27.000. Dan cek struk.
S : “di mana tercantum rp 300 donasi sy?”.
K : “maaf pak sy salah”.
S : “tadi saya berikan uang rp 100.000, tapi tdk tercantum di struk sehingga uang kembaliannya rp 0?”
K : “maaf pak saya sudah entry duluan di system jadi tdk muncul”.
S : “seharusnya semua masuk ke system apalagi ada donasi yg diambil dari konsumen, kalau tdk ada di system berarti kasir sdh memanipulasi”.
K : “kalau begitu saya kembalikan rp 500 ya pak?”
S : “apakah mbak mau menyuap saya? Ini bukan masalah nilai uang tapi kejujuran kepada konsumen dan juga perusahaan alfamart.”
K : terdiam.
Menanggapi hal tersebut Corporate Communication Manajer Alfamart M Faruq berjanji bertindak tegas kepada kasir yang memang berniat menyelewengkan uang donasi pembeli.
Hukuman itu, kata Faruq, bisa langsung berupa pemecatan. Tanpa melalui pemberian surat peringatan (SP).
“Tapi, kami harus menginvestigasi dulu. Kalau memang kesalahannya enggak disengaja, ya hukumannya pasti bukan langsung pecat,” ucapnya
Ia mengklaim selama ini, kasus serupa cukup jarang terjadi. Pihaknya juga berterima kasih kepada pembeli yang jeli, supaya pihak managemen bisa memperbaiki diri.
Faruq menyarankan, bagi pelanggan yang mengalami hal serupa agar meminta struk ulang yang isinya nilai donasi.
“Soalnya bisa jadi pegawai Alfamart lupa karena, misalnya, waktu banyak pembeli antre,” terangnya.
Selain itu, pelanggan juga disarankan buat langsung menghubungi nomor costumer service yang tertera di tiap-tiap gerai Alfamart. Tujuannya, biar pihak managemen dapat segara bertindak dan sebagai catatan pengelola.
Sebelumnya diberitakan, seorang pelanggan Alfamart memosting kiriman di akun Facebooknya soal pengalaman mencurigakan dari struk yang diterima.
Kini kiriman itu sudah disebar lebih dari 4,080 akun. Punya pengalaman serupa? Bagikan pengalamanmu disini
loading...
loading...
0 Response to "Hati-hati Ditipu Kasir Minimarket.Jadilah Konsumen Yang Jeli,Ini Caranya.."
Catat Ulasan